Kamis, 15 September 2011

6.Sumber Peluang Bisnis

Peluang usaha dapat Anda ciptakan melalui ide kreatif dan inovatif dari  sumber-sumber dan bahan baku  yang ada di sekitar anda untuk memenuhi kebutuhan riil di pasar dan dapat menghasilkan keuntungan, Ide dapat menjadi peluang usaha berawal dari :
1. Hobi
2. Keterampilan dan pengalaman pribadi
3. Berkreasi dengan  barang bekas
4. Berkreasi dengan barang yang tersedia di alam
5. Berkreasi pada hari besar atau peristiwa yang ada di sekitar
6. Pameran
7. Media Massa elektronik, koran dan lain lain

1. Hobi
Wirausaha banyak yang berhasil membuka usaha dari hobi yang dilakukan, misalnya memiliki hobi memasak, karena mempunyai spesifikasi dari segi rasa, kemasan, penyajian dan kebersihan  maka hal ini dapat menjadi nilai tambah jika ingin membuka peluang usaha dengan jalan membuka restauran atau membuka kursus memasak, catering dan warung makanan.
2. Keterampilan dan pengalaman pribadi
merupakan ide yang dapat diciptakan oleh wirausaha dalam membuka usahanya. Misalnya seorang mekanik yang memiliki pengalaman bekerja di bengkel besar akhirnya membuka bisnis reparasi mobil atau berjualan mobil bekas, serta pengalaman sehari-hari dalam lingkungan masyarakat ataupun dalam lingkungan kerja dapat menimbulkan ide dan peluang usaha.
3. Berkreasi dengan barang bekas yang ada disekitar anda
Memanfaatkan barang yang ada selain menguntungkan juga dapat mengurangi dampak global warming di sekitar kita dapat menjadikan ide untuk membuka peluang usaha. Misalnya dengan memanfaatkan potongan-potongan kabel menjadi aksesoris, kain perca menjadi keset, batok kelapa dapat dijadikan arang atau batok kelapa dapat dibuat aksesoris kancing, kaleng bekas dibuat celengan dan vas bunga dari kertas-kertas bekas dibuat sepatu dan dan tas.
4. Berkreasi dengan  barang yang tersedia di alam
dengan membuat kerajinan dari tanah liat, kerang menjadi hiasan, pelepah pisang dan lain lain.
5. Berkreasi pada peringatan hari-hari besar atau kejadian yang ada di sekitar
misalnya membuat aneka parcel dan kartu ucapan pada saat menjelang lebaran, natal dan tahun baru.
6. Pameran
Menghadiri pameran secara teratur anda dapat menemukan produk dan jasa baru selain itu juga dapat langsung bertemu dengan para penjual, pabrik, pedagang grosir, distributor dan pelaku bisnis waralaba.

7. Media Massa
Merupakan sumber informasi yang dapat menjadi ide dan peluang usaha  yang besar misalnya surat kabar, majalah, internet dan televisi banyak diinformasikan mengenai gaya hidup dan kebutuhan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar